BINA MASJID MAHASISWA TAFSIR HADIS

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bina Masjid, merupakan sebuah kegiatan yang dicanangkan Oleh Program Studi Tafsir Hadis(Prodi Th) sejak beberapa tahun yang lalu. Kegiatan Bina Masjid ini bertujuan agar ketika terjun di Masyarakat Mahasiswa Tafsir Hadis dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang ada. Bina masjid yang biasanya selalu diadakan pada bulan Ramadhan ini dulunya bukanlah sebuah mata kuliah wajib, akan tetapi dengan berbagai pertimbangan, pada tahun ajaran 2017, setelah pergantian kurikulum baru, kini telah menjadi satu Matakuliah wajib bagi setiap Mahasiswa.

Matakuliah baru ini, mendapat respon yang juga positif bagi Mahasiswa, pasalnya mereka juga menganggap ini adalah sebuah ajang dalam proses terjun ke Masyarakat bebas, dengan harapan yang juga sama dengan tujuan diadakannya oleh pihak Prodi. Biasanya, sebelum menjadi matakuliah wajib, Bina Masjid diadakan pada bulan Ramadhan, namun tidak dengan tahun ini. Pada Ramadhan 2017 ini, tidak ada Mahasiswa Th yang terjun ke masyarakat untuk melakukan bina Masjid dikarenakan masih banyaknya mata kuliah(matkul) yang belum terselesaikan hingga dua minggu Ramadhan. Karena hal inilah, pada tahun ini Bina Masjid pertama kalinya diadakan ketika di luar bulan Ramadhan. Bina Masjid yang dimulai pada Sabtu(16/09/2017) lalu, dan akan berakhir menjelang bulan Januari mendatang.

Ada tujuh Masjid yang mnejadi binaan Mahasiswa Th pada tahun ini. Dimulai dari mencari masjid terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal, kemudian survey, dan meminta izin kepada takmir Masjid untuk melakukan bina Masjid tersebut, kemudian mulai melaksanakan bina Masjid dan puncaknya adalah diadakannya festival dan laporan.

Satu masjid, terdiri dua Mahasiswa, dengan program bina Masjid yang berbeda beda pula tentunya. Pada miggu ke dua pertemuan Matkul ini, Mahasiswa sudah harus melaporkan hasi survey yang dilakukan dan hingga akhir dari kegiatan inipun wajib dilaporkan dengan cermat dan sistematis. Masing masing dari satu Masjid, sudah melakukan bina Masjid, mulai dari ikut mengajar mengaji, ikut Tempat Mengajar Anak(TPA) dan berbagai kegiatan lainnya. Salah satu masjid yang menjadi Objek Bina Masjid Mahasiswa Th ini adalah Masji Bani Ismail, dan Masji Noor Islam. Pertemuan yang sudah dilakukan oleh masing masing sudah berjalan hingga tiga pertemuan.

“harapannya, dengan kegiatan yang sudah bertahun tahun kita adakan ini, dapat menambah wawasan serta pengalaman kalian. Dapat membuat kalian semakin lihay dalam mendidik, tanggap dalam mengatasi permasalan yang ada. Memberikan solusi yang tepat pada setiap masalah yang ada. “ ungkap Waharjani, selaku Dosen pengampu Matkul tersebut.