SYAWALAN KELUARGA BESAR FAI : KONSOLIDASI INTERNAL MENUJU FAI BERKEMAJUAN

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Media Center FAI —  Fakultas Agama Islam UAD Mengadakan Syawalan pada (03/07/2018). Bertempat di kampus empat lantai enam UAD, dihadiri seluruh dosen dan karyawan FAI. Kegiatan ini diawali dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ust Anhar Anshary, Ph.D selaku ketua Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) UAD yang juga termasuk dosen FAI UAD.

Dalam tausiahnya beliau menyampaikan, ajakan untuk bersama mengingat dimensi fitrah, yang terdiri : Iman, Aql, dan Qalb yang ketiganya menjadi objek dalam pendidikan Islam. Fakultas Agama Islam harus menjadi punggawa untuk mengawal misi UAD dalam hal keislaman. Kewajiban manusia adalah memberi maaf, sedangkan meminta maaf adalah kebutuhan. Karena manusia pasti memiliki kesalahan.

Dalam kesempatan ini juga Ust Anhar Anshary, Ph.D juga menyampaikan tips untuk menjaga silaturahim dengan mengingat 2 hal dan melupakan 2 hal, yaitu: 1). Mengingat kebaikan orang lain kepada kita, 2). Mengingat kesalahan kita kepada orang lain, 3). Melupakan kebaikan kita terhadap orang lain, dan 4). Melupakan kesalahan orang lain kepada kita. Dengan menjaga 4 hal ini, akan menjadikan hati kita menjadi bersih dan menjadikan FAI UAD dapat berjalan dengan baik. Jangan sampai jabatan itu menjadikan sekat-sekat sosial dalam pengabdian kita di UAD. Ungkapnya.

Sementara itu dekan FAI UAD Drs. H. Parjiman, M.Ag, menjelaskan kegiatan seperti ini dapat menjadikan seluruh warga FAI mempunyai kesamaan visi dan misi, kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan dengan desain yang lebih baik. FAI kedepan akan lebih sering mengadakan kegiatan seperti ini, sebagai ajang pemersatu visi misi. Ungkapnya.

Selanjutnya Dr. Yoyo, MA memberikan penjelasan tentang IJISH (Internasional Journal of Islamic Studies and Humanities) yang diharapkan dapat menjadi icon dari FAI UAD. Jurnal ini diterbitkan setiap bulan April dan Oktober dalam satu tahun. Jurnal ini mencakup tema studi Islam (Hukum Islam, Bahasa dan Sastra Arab, Ekonomi Islam, Perbankan Syariah, dan Pendidikan Islam). Kegiatan ini diakhiri dengan makan bersama seluruh dosen karyawan FAI UAD. (Zal)