Universitas Ahmad Dahlan adalah sebuah Universitas Swasta yang menyediakan banyak Beasiswa bagi Mahasiswanya. Setiap tahun akan ada banyak Beasiswa yang diberikan dan dikeluarkan bagi Mahasiswa berprestasi.

Selain Beasiswa Kader, Universitas Ahmad Dahlan juga menyediakan Beasiswa umum bagi para Mahasiswa dengan berbagai persyaratan dan ketentuan yang ketat. Setiap semester genap, akan selalu dibuka pendaftaran Beasiswa bagi Mahasiswa-Mahasiswa yang memiliki IPK lebih dari 3.00.
Ketika berada di semeter dua, akan ada Beasiswa PPA, yang hanya dikhususkan bagi Mahasiswa semeter dua saja, biasanya persyaratannya masih mudah, dan melewati seleksinya juga mudah, walaupun yang mendaftar mencapai lima ribuan dan yang diterima juga biasanya sebanding dengan jumlah pendaftaran.
Di semeter empat dan enam, akan ada Beasiswa juga, akan tetapi untuk Beasiswa yang ini agak sedikit rumit dan persaingannya juga sangat terasa, karena yang dinilai bukan hanya sekedar IPK tinggi saja, akan tetapi keaktifan diorganisasi juga menjadi salah satu penunjang agar dapat lolos beasiswa ini. Apalagi yang mendaftar bukan hanya dari Mahasiswa semeter empat saja, tetapi ada juga mahasiswa semester enam.

Sangat banyak sekali mahasiswa yang mengikuti pendaftaran, namun sayangnya Universitas Ahmad Dahlan hanya bisa meloloskan 173 Mahasiswa tahun ini. Ada sekitar enam pendaftar dari program studi tafsir hadis, dan yang bisa lolos hanya ada tiga orang.
“Semoga yang belum diterima semakin giat, karena rezeki Allah itu luas, banyak dan sangat banyak, dan selamat bagi yang lulus.”, Ucapan selamat dari Ketua kelas Tafsir Hadis semester empat, lewat akun WhatsApp nya .