Sapa Dekan FAI UAD

Assalamu’laikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Segala puji dan syukur senantiasa dihaturkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (FAI UAD) dapat bertahan, terus berkembang, terus melangkah maju, dan meraih sejumlah prestasi gemilang. Fakultas Agama Islam adalah sebuah lembaga pendidikan yang berkomitmen secara berkesinambungan untuk menjadi Fakultas yang terbaik dalam memberikan pendidikan berkualitas sesuai dengan kebutuhan stake holder. Demi meraih standar kualifikasi nasional bahkan internasional, kami terus berikhtiar untuk mempersembahkan kepada para mahasiswa proses perkuliahan prima, materi kuliah up to date, dan sumber daya manusia profesional untuk memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Kami menerapkan metode Student Centered Learning (SCL), mengembangkan Kurikulum Berbasis Kompetensi, selalu mengukur dan meningkatkan kualitas kami sebagaimana yang dituntut oleh ISO 9001: 2008 dan IWA 2.

Fakultas Agama Islam menawarkan empat program studi yaitu Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Ilmu Hadis (ILHA), Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Perbankan Syariah dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menentukan mana yang akan dipilih dan ditempuh, untuk kemudian menjadi profesi serta pekerjaan di masa yang akan datang. Tidak hanya itu, para mahasiswa yang bukan berasal dari Fakultas Agama Islam, dapat menempuh kuliah di salah satu program studi tersebut, melalui program dual degree. Sejumlah fasilitas telah disiapkan untuk mendukung aktivitas belajar mengajar di dalam kampus yang dinamis dan nyaman. Untuk Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Ilmu Hadis, dan Pendidikan Agama Islam, alhamdulillah telah memperoleh nilai Akreditasi “A” dan akan disusul oleh Prodi Perbankan Syariah sebagai Prodi baru yang saat ini sudah terakreditasi B.

Website ini dibuat untuk memberikan informasi lengkap dan akurat terkait dengan agenda kegiatan, aktivitas, serta berbagai berita dan pengumuman dari Fakultas Agama Islam yang meliputi: sejarah berdirinya, tujuan, visi dan misi, struktur organisasi, dan sistem manajemen mutu. Website ini juga menggambarkan sistem pendidikan yang diterapkan di FAI UAD. Fakultas sedang mencoba menciptakan inovasi baru melalui kontribusi terbaik untuk negara tercinta ini dengan motto: membangun umat masa depan melalui pengembangan ilmu Agama Islam yang berbasis pada nilai-nilai Kemuhammadiyahan. Selama proses pencapaian tujuannya, Fakultas Agama Islam membutuhkan kerja sama yang harmonis dengan mitra mana saja yang peduli dengan kemajuan fakultas. Kerja sama yang telah dibangun dengan sejumlah mitra baik di dalam maupun di luar negeri sejauh ini akan terus dijaga dan dikembangkan untuk meraih hasil yang lebih baik di masa depan.

Wassalamu’laikum Warahmatullahi Wabarakaatuh


 Dekan FAI UAD,
Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag. (NIY. 60010350)