Bermasyarakat dengan Membuat Dapur Rakyat, Mahasiswa FAI Tunjukkan Kepedulian

Yogyakarta, FAI TERKINI – Keluarga Besar Mahasiswa (KBM ) yang terdiri dari IMM, BEM, DPM, HMPS dan seluruh elemen Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan sukses menyelenggarakan dapur rakyat yang ketiga, Minggu, 3 Januari 2021. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak perekonomianya akibat Covid-19 berupa paket pangan  dan uang bagi masyarakat di TPST Piyungan, yang sebelumnya dilaksanakan di Kota Yogyakarta. Pada agenda tersebut KBM FAI  membagikan paket pangan sebanyak 250 dan uang tunai satu juta rupiah dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Berangkat dari landasan teologis surat al-Maun ayat 2-3 kami secara praktis melakukan kegiatan yang bersifat kedermawanan dan saling membantu kepada sesama, dengan rasa kepedulian, kami mengajak seluruh Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) untuk ikut andil dalam kegiatan sosial ini, agar nantinya rasa kepedulian bisa terbangun kembali di lingkungan masyarakat. Walaupun kegiatan ini masih kecil, harapannya bisa membantu perekonomian masyarakat khususnya di lingkungan TPST Piyungan”, pungkas Azka selaku ketua penyelenggara.

Deden Irwandi selaku ketua BEM mengatakan, “kegiatan ini sebagai bentuk keterlibatan mahasiswa secara praksis dalam membantu dan meringankan beban masyarakat. Harapan kami ini bisa membantu masyarakat”. Sumber dana kegiatan yang telah berlangsung sebanyak tiga kali ini didapatkan dari hasil open donasi.  Pandemi boleh membatasi kegiatan perkuliahan, tapi tidak dengan semangat pergerakan mahasiswa dan kepedulianya kepada sesama”, sambung Deden.  Pihak dekanat FAI UAD menyambut baik kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian mahasiswa kepada masyarakat. “kami merasa bangga sekaligus senang dengan inisiatif para mahasiswa membuat kegiatan sosial tersebut, semoga kegiatan tersebut bisa menginspirasi para mahasiswa agar ber ta’awun kepada sesama”, tegas Dr. Nur Kholis selaku dekan FAI UAD.