FAI UAD Gelar Pelepasan Calon Wisudawan Periode Januari 2022

Yogyakarta, FAI TERKINI – Agenda pelepasan wisudawan/wati Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan periode Januari 2022 dilaksanakan di Aula Masjid Islamic Center UAD pada Jum’at 28, Januari 2022 yang diikuti oleh 90 calon wisudawan/wati. Kegiatan tersebut berlangsung dengan penuh khidmat. Acara dimulai dengan senandung ayat suci Al-Qur’an oleh Yusuf Ramadhan (Mahasiswa Ilmu Hadis UAD), dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian sambutan Dekan FAI UAD. Dalam sambutannya, Dekan FAI UAD, Dr. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag menerangkan momen wisuda ini adalah titik awal pengabdian kepada masyarakat dengan ilmu yang didapat saat mengenyam studi di FAI.

Beliau berpesan kepada wisudawan yang hadir offline maupun online bahwa hadirnya rezeki itu bisa terhalang oleh sebab dosa yang lampau. Beliau menyampaikan bahwa Jalan selalu akan ada, intinya adalah yakin 100% kepada Allah Swt dan usaha 100%, “tambah Nur Kholis dalam sambutannya. Pada kesempatan tersebut, beliau juga menitahkan nasihat serta harapan kepada wisudawan agar selalu mengandalkan kekuatan do’a guru dan murid. “Kami akan selalu mendo’akan teman-teman selalu. Do’a murid dan guru jika dilakukan bersama-sama mampu mengguncang Arsy,” tutur Ustadz Dr. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag.

Dalam kegiatan pelepasan calon wisudawan/wati tersebut FAI UAD menghadirkan Bapak Drs. Herry Zudianto, M.M yang merupakan mantan walikota Yogyakarta selama dua periode yang ssat ini menjabat sebagai salah satu anggota Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam materinya, beliau menjelaskan tentang pentingnya membangun ekonomi umat dengan berwirausaha. Beliau juga menegaskan bahwasannya kekuatan ekonomi itu dibangun oleh semua pihak, bukan sekedar pihak pengelola (organisasi) akan tetapi secara berjamaah. Pernah menjabat sebagai pelayan publik, Drs. Herry Zudianto, M.M menampik anggapan kepala daerah yang mengatakan pejabat adalah untuk kekuasaan. Pejabat adalah untuk melayani dan diamanahi untuk menjadi pelayan publik. Kata pantang menyerah dan jangan menyerah adalah dua kata yang wajib ada pada diri seorang wirausahawan. “Latar belakang pendidikan tidak secara otomatis menjadi fokus seseorang untuk terkekang untuk melakukan sesuatu di masa depan, melainkan terdapat banyak pilihan,” ujar Bapak Herry Zudianto pada pemaparan materi kewirausahaannya.

Beliau juga menambahkan akan sebuah hakikat keilmuan enterpreneurship yang mampu masuk ke berbagai lini kehidupan dan sebagai modal awalnya adalah dengan nekat. Pastinya dengan nekat kuat namun tetap terukur, sehingga bila gagal, modal dapat bangun kembali. “Mulailah dari apa yang anak-anak miliki!,” pesan beliau di akhir materi sekaligus membuka sesi diskusi interaktif dengan para wisudawan.

Selepas pembekalan intensif, acara dilanjutkan dengan hiburan kolaboratif. Acara kembali dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada calon wisudawan/wati terbaik dari setiap program studi yang dilanjutkan dengan sambutan oleh wisudawan terbaik FAI UAD periode Januari oleh Nurjannah Wijayanti S.Pd dari prodi MPAI. Diakhiri dengan do’a bersama, acara pelepasan wisudawan/wati FAI UAD periode Januari 2022 telah resmi berakhir.