FAI UAD Siapkan Akademisi Qur’ani Bersama IDAQU

Yogyakarta, FAI TERKINI – Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (FAI UAD) menerima kunjungan dari Institut Daarul Qur’an (Idaqu) pada hari Kamis (9/9) dalam rangka mempererat hubungan sekaligus menjalin kerja sama antar kedua lembaga pendidikan tersebut, terutama antara program studi Ilmu Hadits guna meningkatkan mutu pendidikan di masa mendatang. 

Pertemuan yang berlangsung di Kampus 4 UAD Yogyakarta tersebut dihadiri oleh Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Usluhuddin Idaqu dan FAI UAD, serta Kaprodi dan Sekretaris Ilmu Hadits baik dari FAI UAD maupun dari Idaqu. Poin penting dari kerja sama yang disepakati oleh FAI UAD dengan Idaqu adalah pengembangan kurikulum, pengembangan riset dan publikasi karya ilmiah dosen, hingga penguatan kelembagaan dan akademik serta beberapa poin penting lainnya.

Dekan FAI UAD Nur Kholis senang dapat menerima kunjungan dari Idaqu serta berharap pertemuan kedua lembaga tersebut bukan hanya sebatas kerja sama, namun juga bagaimana aktivitas atau tindak lanjut setelah penandatanganan kerja sama tersebut. Kepala Cabang PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta, Ramadani menjelaskan berbagai peluang yang dapat dikolaborasikan dengan dunia akademisi, di antaranya kolaborasi peningkatan kompetensi mahasiswa melalui sertifikasi tahsin atau tahfidz, program pengabdian di Kampung Qur’an untuk penerapan Living Qur’an, konseling pendidikan serta perekonomian masyarakat setempat. Mengingat peran mahasiswa sangat diperlukan untuk mengembangkan pola pikir masyarakat.