IMM FAI Adakan Pengabdian Masyarakat di Bulan Ramadhan

Yogyakarta, FAI TERKINI – Rabu 7/4/2021, mengawali awal Ramadhan, Pimpinan Komisariat IMM FAI UAD mengadakan serangkaian agenda pengabdian masyarakat berbasis masjid. Kegiatan yang dilakukan menjadi agenda perdana di bulan Ramadhan dengan mengadakan pengajaran Alquran secra ruitn di berbagai masjid di DIY. Paling tidak ada beberap lokasi TPA dan masjid dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, yaitu; Masjid Muhajirin, TPA Masjid Perumahan Parmai Giwangan, dan Masjid Albarokah Gunung Kidul.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut, sudah menjadi agenda dan proker dari IMM FAI UAD yang baru saja dilantik pada 25 Februari 2021 lalu. Kebetulan di bulan Ramadhan ini, kegiatan yang berbasis keIslaman dilakukan salah satunya dengan meramaikan pengajaran TPA di berbai masjid. Dukungan kegiatan ini juga diberikan oleh Dekan fakultas Agama Islam Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag. Beliau sempat berkordinasi dengan PK IMM FAI UAD dalam penentuan lokasi pengabdian dan memberikan pengarahan kegiatan.

Dalam pelaksanaannya, di hari pertama pengabdian, Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar, antusiasme masyarakat terlihat dengan kehadiran santri mencapai hampir 40 orang yang turut hadir di masjid. Masyarakat bahkan tak sedikit menyaksikan dan memberikan dukungan agar kegiatan semacam ini terus dilaksanakan. Ketua PK IMM FAI UAD, Teguh, menambahkan bahwa “tidak hanya kegiatan pengajaran Alqur’an, namun selanjutnya nanti akan diadakan pemberian santunan kepada anak Yatim, terlebih lagi di bulan Ramadhan ini perhatian kepada anak yatim menjadi penting, agar mereka dapat merasakan kebersamaan dan kebahagiaan mellaui kepedulian dari kita” ujarnya.

Dilain terpisah, Dekan Fakultas Agama Islam ketika dikonfirmasi melalui sambungan telpon menyampaikan bahwa, fakultas mendorong mahasiswa baik melalui wadah Ortom, ormawa maupun secara inividu agar memanfaatkan momen Ramadhan meningkatkan ibadah salah satunya dengan peduli sesama dan memperhatikan masyarakat di sekitar tempat tinggal. Ditambahkannya, apa saja yang bisa kita berikan baik materi, maupun dukungan moral seperti mengajar TPA dan pengajian merupakan keharusan bagi mahasiswa FAI UAD, apalagi kehadiran kita di masyrakat dalam situasi seperti saat ini sanat dinanti dan diharapkan. (AR)