MENGENAL LEBIH DEKAT ALGORITMA MEDIA SOSIAL DI ERA DIGITAL 5.0

BEM FAI UAD, Kegiatan Pelatihan Digital yang diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober 2022 telah berhasil dilaksanakan. Program kerja Departemen Kominfo dengan tema “Bersaing Algoritma Media Sosial di Era Digital 5.0” ini bertujuan agar Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan mampu memahami apa itu algoritma didunia digital dan mampu mempraktikannya dimedia sosial dengan strategi-strategi yang telah diajarkan. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dengan menggunakan ruangan kaca barat Gedung utama kampus Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Kegiatan Pelatihan Digital diselenggarakan dengan mengangkat judul “Strategi Analisis Media Sosial” yang dipandu oleh Irsyad Alfath dan Ummu Qiam Nawafila selaku MC dan juga M. Shahih Burhan selaku moderator. Narasumber yang dihadirkan untuk memberikan materi adalah Danang Giri Sadewa, beliau juga dikenal sebagai Youtuber, Content Creator, dan Creativepreneur.

Beliau menyampaikan mengenai tips dan trik agar algoritma media sosial kita bisa dijangakau khalayak luas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyusun strategi analisis media social, yaitu mengetahui konten apa yang sedang banyak dibicarakan orang atau disebut dengan konten viral. Ada juga trik instan jika ingin viral, yaitu membuat konten yang kontraversi, yang mana konten-konten tersebut bakal cepat sebagai tranding topic tapi dengan sensasi sudut pandang buruk dari para netizen. Dan yang terpenting adalah 3 detik pertama konten yang kita buat, agar penonton akan menonton konten kita hingga selesai.

Dalam sesi tanya jawab, beliau memberikan pernyataan bahwa algoritma hanyalah mesin atau data yang tidak memiliki perasaan, maka bagaimanapun caranya tetaplah bersainglah dengan baik diera digital ini, beliau juga berkata ketakutan terbesar beliau adalah kehilangan seorang yang mensupport beliau, dan itu juga bisa terjadi terhadap kita semua.

Pada akhir sesi, beliau berpesan bahwa ketika belajar desain, jangan lupa untuk mempelajari dan mendalami aplikasinya terlebih dahulu. Kemudian, lakukan banyak latihan dan evaluasi hasil desain dengan meminta pendapat orang lain yang lebih ahli.

Pelaksanaan Pelatihan Digital ini berlangsung dengan cukup baik dengan dihadiri secara luring oleh kurang lebih sekitar 25 peserta. Dengan terlaksananya acara pelatihan ini, mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan diharapkan dapat berkembang ke arah yang lebih positif dalam penggunaan teknologi di era digital 5.0 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.