PERKUAT MUTU UPPS, FAKULTAS AGAMA ISLAM IKUTI AMI PERIODE NOVEMBER 2022

Kamis, 24/11/2022, Fakultas Agama Islam baru saja mengikuti Audit Mutu Internal (AMI) yang dilaksanakan oleh Badan Penjamin Mutu UAD dengan auditor Desta Rizki Kusuma, S.E., M.Sc. Rangkaian AMI yang diikuti oleh Fakultas sudah lebih dulu dilaksanakan di tingkat program studi. FAI UAD sebagai UPPS juga berkewajiban dilakukan Audit dalam rangka memperkuat mutu di tingkat fakultas. Adapun aspek yang menjadi pencermatan AMI periode ini sebanyak 17 standar dengan 74 item point yang harus dipenuhi oleh Auditee (Fakultas).

Dalam kesempatan AMI tersebut, dekan FAI Dr. H. Nur Kholis, S.Ag, M.Ag membuka pertemuan dengan memberikan keterangan bahwa FAI sejauh ini telah berusaha memenuhi dokumen hampir setiap standar. Sekaligus berharap auditor bisa memberikan masukan dan arahan terkait aspek-aspek yang masih perlu diperbaiki. Selain dekan, hadir pula dalam forum tersebut Wakil Dekan I Dr. Arif Rahman, S.Pd.I., M.Pd.I, Wakil Dekan II Dr. Yoyo, M.A, Kepala Ka Tu Ari SUwarni, dan para tenaga laboran.

Dalam proses audit Bapak Desta justru mengawali dengan berkomentar bahwa “data FAI saya cek sudah sangat baik bahkan rapi, hanya beberapa poin saja yang perlu saya konfirmasi sehingga waktunya tidak akan lama”. Kesan positif tersebut terbukti dari 74 item yang diminta, dihasilkan 12 temuan yang masih perlu diperbaiki. Dua point di antaranya memang sudah menjadi masalah utama terkait tentang kebutuhan Guru besar di tiap program studi, sedangkan point sisanya hanya catatan minor yang perlu diperbaiki.

 

Di akhir proses audit, fakultas diberikan kesempatan untuk melakukan RTL AMI dan mencermati akar masalah yang harus dituangkan dalam laporan perbaikan verifikasi yang akan dipenuhi pada Jum’at dan sabtu pekan ini. (AR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.