PERKUAT PEMBINAAN KEMAHASISWAAN, BIMAWA ADAKAN RAKER BERSAMA WAKIL DEKAN BIDANG KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Selasa, 24/01/2023, Wakil Dekan Fakultas Agama Islam bidang Akademik, Kemahasiswaan dan AIK mengikuti Rapat Kerja yang diadakan oleh BIMAWA Universitas Ahmad Dahlan. Agenda raker ini sendiri ada dua poin penting yang disampaikan, yaitu 1) Arah Kebijakan Bidang Kemahasiswaan dengan Aktivitas dan Prestasi Bernilai Tinggi untuk Mendukung Lulusan UAD yang Berkemajuan; 2) Rapat Kerja Pembinaan Kemahasiswaan. Hadir dalam forum tersebut Rektor Universitas Ahmad Dahlan Dr. H. Muclhas MT, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Gatot Sugiarto, S.H., M.H., Wakil Rektor Bidang Akademik Rusydi Umar, Ph.D, par Wakil Dekan, Pembina Ormawa dan komunitas di ling kungan UAD

Dr. Gator Sugiarto, S.H., M.H. dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mensinergikan program yang ada di BIMAWA dengan bidang kemahasiswa di tingkat fakultas, ortom dan ormawa. Sejauh ini lanjutnya, ada 122 Ormawa di lingkungan UAD yang bisa menjadi potensi dalam upaya peningkatan prestasi. Sebagaimana diketahui prestasi bidang kemahasiswaan di UAD saat ini memang masih didominasi di tingkat nasional dan regional, kita berharap di tahun ini dan ke depan ada peningkatan di tingkat internasional. Untuk pengukuran prestasi kemahasiswaan di  ukur dari SIMKATMAWA yang ada di Belmawa kemendikbud. Di akhir sambutannya, Bapak Gatot menyampaikan bahwa semua capaian dan harapan di bidang kemahasiswaan tidak mungkin bisa dicapai dengan sendiri, ini merupakan kerja bersama sehingga mengharapkan dukungan dan sinergi yang ada dari semua komponen yang ada di universitas Ahmad Dahlan.

Pada momen tersebut Rektor UAD juga memberikan arahan pembinaan kemahasiswaan paling tidak ada empat poin yang menjadi perhatian, yaitu: 1) penguatan karakter mahasiswa yang bersifat holitsik, 2) Peningkatan prestasi mahasiswa; 3) Pembinaan Ortom; 4) Portofolio mahasiswa melalui SKPI. Rektor menambahkan bahwa pembinaan kemahasiswaan tidak hanya menekankan tentang hard skill, juga komponen soft skill menjadi point penting. Prinsip-prinsip ilmu kehidupan inilah yang bisa kita berikan pembinaan agar di masa mendatang setelah lulus UAD mereka bisa menyelesaikan dan menjadi problem solver di berbagai masalah yang ada di masyarakat.

Dari keempat poin yang ditekankan oleh Rektor tersebut sejauh ini Fakultas Agama Islam berusaha mengeksplorasi pola pembinaan yang akan dilakukan, terutama di tahun 2023 ini. Pasca Raker Fakultas pada awal Januari lalu, Fakultas Agama Islam akan menargetkan capaian-capaian pembinaan dan prestasi mahasiswa meningkat dari tahun sebelumnya. Dari capaian prestasi baik di tingkat nasional dan internasional sudah mengalami peningkatan, akan tetapi distribusi prestasi internasional yang berbasis keilmuan prodi memang harus di desain lebih dini dari sekarang. (Arif)

Leave a Reply

Your email address will not be published.