Rekonstruksi Kurikulum Kampus Merdeka Program Magister dan Doktor: FAI-UAD dan PPs IAIN Cirebon Tandatangan MoU dan MoA

Yogyakarta, FAI TERKINI – Merespon kebijakan Kampus Merdeka, Fakultas Agama Islam (FAI) Universits Ahmad Dahlan (UAD) dan Program Pascasarjana (Magister dan Doktor) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon menandatangani MoU dan MoA untuk menyelenggarakan FGD tentang Kurikulum Kampus Merdeka Program Magister dan Doktor. Bertindak sebagai Narasumber dalam FGD tersebut adalah Dr. Suyadi, M.Pd.I (Kaprodi S2 PAI UAD) dan Prof. Dr. H. Dedi Djubaedi, M.Ag (Direktur PPs IAIN Cirebon). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Zamrud Ciebon pada Senin-Rabu 29-31 Maret 2021.

Kedua belah pihak menyepakati untuk kolaborasi dalam banyak kegiatan, seperti pertukaran dosen dan mahasiswa, pembimbing tesis dan disertasi, join riset dan publikasi bersama, termasuk FGD rekonstruksi kurikulum program doktor dan magister merespon kebijakan kampus merdeka. Dr. Suyadi, M.Pd.I Mengatakan, “meskipun dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 6 menyebutkan bahwa kebijakan Kapus Merdeka hanya untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan, tetapi hal  itu bukan berarti Pascasarjana tidak merdeka.” Menurutnya, justru karena selama ini Program Magister dan Doktor “Telah Merdeka” maka tidak perlu diatur lagi bagaimana menjadi kampus merdeka.

Hal senada disampaikan oleh Prof. Dr. H. Dedi Djubaedi, M.Ag, bahwasanya dengan kebijakan kampus merdeka, maka kuliah teori untuk program magister dan doktor cukup dua semester, selebihnya didorong untuk riset dan publikasi. Kedua narasumber yang mewakili istitusi masing-masing sepakat bahwa baik FAI UAD maupun PPs IAIN Cirebon dapat berkolaborasi lebih produktif dalam menerapkan Kampus Merdeka.

Berikut adalah daftar nama para wisudawan dan wisudawati yang mengikuti kegiatan pelepasan wisuda FAI Periode Maret 2021 yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Maret 2021 secara daring melalui Zoom dan disiarkan langsung melalui channel youtube FAI.

  1. Program Studi Ilmu Hadis
  2. Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
  3. Program Studi PAI
  4. Perbankan Syariah
  5. Program Studi Magister PAI