Sinergi Akademisi Berprestasi di Persada

Yogyakarta, FAI TERKINI – Menyambut kegiatan pembelajaran santri semester genap, Pesantren Mahasiswa KH. Ahmad Dahlan (Persada) UAD Yogyakarta mengadakan kegiatan Muwajjahah bersama santri, wali santri, dan pengurus Persada melalui ruang Zoom, Senin (22/2). Dalam kegiatan Muwajjahah yang dilakukan secara virtual tersebut, diawali dengan sambutan dan pengumuman santri berprestasi serta kategori santri teraktif selama satu semester oleh Wakil Mudir, Ust. Budi Jaya Putra, S.Th.I., M.H. Mereka dipilih berdasarkan nilai IPK dan nilai ujian Persada yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kemudian untuk santri teraktif dipilih berdasarkan laporan dari setiap pendamping dalam membimbing santri kelompoknya.

Selanjutnya, penyampaian akademik semester genap. Bahwa kegiatan Persada akan dimulai pada tanggal 7 Maret mendatang. Di mana Persada melalui bidang SDM dan Kurikulum telah merencanakan beberapa agenda pelatihan secara virtual untuk santri, di samping kegiatan pembinaan harian oleh setiap pendamping. Leadership Cadre Treaning dan Pelatihan Khatib serta Perawatan Jenazah menjadi rangkaian agenda awal memulai semester genap tersebut. Berdasarkan hasil laporan yang dikumpulkan melalui pendamping santri, diperoleh rekapitulasi capaian pembinaan santri selama satu semester dalam bentuk grafik, bagan, dan poster.

Rektor UAD Dr. Muchlas MT, sangat mengapresiasi kegiatan yang terus diupayakan oleh Pengurus Persada dalam membina mahasiswa UAD meski Pandemi, khususnya santri Persada. Hal tersebut diungkapkan ketika Mudir Persada KH. Thonthowi, M.Hum melaporkan evaluasi dan perkembangan santri selama satu semester. “Upayakan selain nilai IPK yang tinggi dibarengi juga dengan prestasi di bidang kemahasiswaan,” pesan Rektor. Menanggapi hal tersebut, Ust. Semaun Al Usman selaku bidang Minat dan Bakat segera mengumpulkan data prestasi santri dan keaktifan mereka dalam berorganisasi. Diketahui bahwa santri dan alumni terus mengharumkan nama baik UAD baik di tingkat nasional maupun internasional melalui berbagai ajang perlombaan.

Selain prestasi akademik, santri Persada diharapkan memiliki prestasi ukhrawi. Pembiasaan sholat lima waktu berjamaah di masjid, shalat sunnah rawatib, shalat sunnah tahajjud dan duha, bertadarus, puasa sunnah, membantu orangtua, mengerjakan tugas kuliah, dan amal shalih lainnya selalu diingatkan setiap harinya. Pesan Mudir yang selalu ditekankan kepada para pembimbing santri untuk selalu mengingatkan salat berjamaah 15 menit sebelum masuk waktu salat kepada santri, membangunkan salat tahajud dan mengingatkan sunnah qabliyah subuh juga membantu orangtua.