Visiting Lecturer PBS UAD: Finansial Teknologi Dalam Keuangan Islam

Yogyakarta, FAI TERKINI – Pada hari Jum’at tanggal 25 Desember 2020 yang bertepatan dengan 10 Jumadil Awal 1442 H. Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam (PBS FAI) mengadakan salah satu agenda akademiknya, yaitu Kuliah Visiting Lecturer melalui media daring, yaitu Zoom. Pada kesempatan Kuliah Visiting Lecturer kali ini Prodi PBS UAD menghadirkan pemateri Internasional dari Malaysia, yaitu Syafwendi, S.E., M.Sh. yang merupakan Konsulan Keuangan Islam pada Manara Academy Conslutancy dan Sekretaris Umum pada Komunitas Ekonomi Islam di Kuala Lumpur Malaysia. Kuliah Visiting Lecturer dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta mahasiswa Angkatan 2018. Kegiatan ini terselenggara bekerjasama dengan Bapak Ahmad Azhari, S.Kom., M.Eng yang merupakan Dosen Pengampuh mata kuliah Teknologi Informasi Perbankan.

Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa PBS UAD mengetahui apa saja yang menjadi Tantangan dan Prospek Keuangan Islam khususnya dalam bidang Teknologi. Pemateri yang merupakan pelaku dalam Teknologi Keuangan Islam, dapat memberikan gambaran riil bagaimana realita yang ada di lapangan, sehingga mahasiswa mampu menyiapkan pengetahuannya tentang Teknologi Keuangan Islam. Fokus pembahasan dalam Visiting Lecturer kali ini adalah Financial Technology in Islamic Finance: Development, Challenges, and Prospects in Indonesia. Dalam penjelasannya pemateri menyampaikan, pada masa sekarang kebutuhan pelayanan atau jasa keuangan dalam dunia teknologi sangat tinggi, sehingga mahasiswa di harapkan juga mempelajari dan mengetahui Sistem yang Mengoperasikan pelayanan tersebut, khususnya dalam bidang Perbankan.

Dengan diselenggarakannya Visiting Lecturer ini, diharapkan para mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah mendapat wawasan baru tekait dengan perkembangan teknologi keuangan Islam, baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di Malaysia sebagai gambaran. Demikian juga harapan Kaprodi Perbankan Syariah dalam wawancara selepas acara menyampaikan, mahasiswa PBS UAD harus dibekali dengan pemahaman mengenai Teknologi Keuangan Islam, karena masa sekarang yang serba digital, salah satu pengetahuan yang harus dimiliki mahasiswa adalah pengetahuan mengenai sistem pelayanan digital di perbankan. Semoga kegiatan semacam ini bisa terus di lakukan ke depannya, agar mahasiswa bisa lebih awal dalam menyiapkan skill dirinya dalam hal teknologi. (AA)