Kuliah Umum Prodi PAI Bertajuk “Revitalisasi Pendidikan Islam Berkemajuan di Era Pandemi”

Yogyakarta, FAI TERKINI – Pada hari Selasa tanggal 15 Desember 2020 yang bertepatan dengan 30 Rabiul Akhir 1442 H. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam (PAI FAI) mengadakan salah satu agenda akademiknya, yaitu Kuliah Umum melalui media daring, yaitu Zoom. Pada kesempatan Kuliah Umum kali ini Prodi PAI UAD menghadirkan Prof. Dr. Azyumardi Azra sebagai pemateri. Beliau dikenal sebagai cendekiawan muslim. Prof. Azyumardi terpilih sebagai Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 1998 dan mengakhirinya pada 2006. Pada tahun 2010, dia memperoleh titel Commander of the Order of British Empire, sebuah gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Kuliah Umum ini dihadiri oleh kurang lebih 400 peserta baik dari kalangan mahasiswa PAI maupun umum. 

Acara ini dibuka dengan kegiatan membaca ayat suci Alquran, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan materi dari narasumber. Dalam sambutannya, Farid Setiawan, selaku ketua program studi PAI menyampaikan bahwa pendidikan agama saat ini bisa diterapkan secara fungsional, sehingga arahnya bukan hanya semata-mata untuk aspek pengetahuan, tapi juga untuk afektif dan jadi penggerak aktivitas manusia. sedangkan Nur Kholis, Dekan FAI, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Muhammadiyah telah melakuka lompatan dalam peningkatan sumber daya insani berkemajuan. Sejak lama muhammadiyah sudah melakukan pendidikan berkonsep modern antara pendidikan islam dengan umum serta mengintegrasikan pendidikan di sekolah dengan keluarga dan massyarakat. Oleh karena itu, diharapkan tidak ada lulusan pendidikan Muhammdiyah yang menjadi individualis.

Prof. Azyumardi dalam acara kuliah umum terssebut sempat menyampaikan mengenai pendidikan islam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. salah satunya, pendidikan islam haruslah mengembangkan inovasi yang berkembang, sebagai contoh yaitu dengan pemanfaatan Big Data dalam berbagai lini pendidikan. Digitalisasi dalam pendidikan serta pemanfataan AI adalah sesuatu yang juga harus dikembangkan oleh lembaga-lembaga pendidikan islam, khususnya muhammadiyah.