Mahasiswa ILHA Sabet Juara Karya Tulis Ilmiah Nasional

Yogyakarta, FAI TERKINI – Salah satu mahasiswa Prodi Ilmu Hadis Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahamad Dahlan, Fadhil Iqbal, baru-baru ini mengikuti lomba karya tulis bertajuk ilmiah bertajuk Musabaqah Makalah Hadis yang diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Langsa. Lomba yang dilakukan secara online terhitung sejak seleksi hingga bapak final, 9-29 September 2020, ini diikuti oleh 250 peserta dari seluruh Indonesia. Dalam kesempatan itu, pemuda asal Sumatera Utara ini berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan menjadi juara ke-2 menyisihkan para peserta lain.

Setelah diseleksi secara ketat oleh panitia, dipilihlah 4 finalis yang kemudian diminta untuk mempresentasikan makalahnya secara online di hadapan dewan juri. Fadhil mengangkat tema “Kaidah Kesahihahan Sanad Hadis dalam Merespon Berita Hoax”. Makalahnya mendapat apresiasi dari dewan juri dan berhak mendapatkan peringkat kedua. Musabaqah Makalah Hadis ini diadakan dengan tema “Menguatkan urgensi sunnah melalui musabaqoh makalah hadis”.

Selain lomba Musabaqah Makalah Hadis, lomba lain yang turut diselenggarakan adalah Musabaqah Tahfiz Hadis Arba’in. Sebagai informasi, selain memberikan bekal pengetahuan studi hadis baik dari khazanah klasik hingga kontemporer, Prodi Ilmu Hadis FAI UAD juga menyiapkan mahasiswanya untuk mampu memiliki soft-skill yang baik dalam hal literasi, terutama tulis-menulis. Selain itu, salah satu prodi terakreditasi A di FAI UAD ini juga mengembangkan kurikulum berbasis digitalisasi hadis, yang memungkinkan peserta didik memiliki wawasan teknologi yang baik terkait perkembangan teknologi di satu sisi, dan khazanah keilmuan di sisi yang lain.