Mahasiswa PAI Berprestasi Dalam Seni

Yogyakarta, FAI TERKINI – Rio Pebrian, salah satu mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) FAI UAD menjadi salah satu anggota Ahda Gitana UAD, grup paduan suara mahasiswa UAD. Ahda Gitana baru saja menjadi jawara nasional dalam perlombaan Choir Nasional.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Ahda Gitana meraih Juara 2 di UNY Cartesion 2020. Mengusung tema ‘Post Covid-19 National Recovery through Education, Business, Sports, and Arts’ lomba paduan suara ini digelar secara virtual.

Pembina UKM PSM Ahda Gitana UAD Ana Hidayati menjelaskan, kompetisi ini diikuti 10 finalis dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Juara 1 diraih UNY, dan Juara 3 dari ISBI Bandung. Proses kompetisi ini berlangsung selama dua bulan.

“Kompetisi Virtual Choir di Bidang Seni ini digelar bersamaan dengan Kategori lainnya yakni Pendidikan, Kewirausahaan, dan Olahraga. Tahapan lomba sejak pengumpulan karya, seleksi, sampai final dilakukan 22 Juni hingga 15 Agustus 2020,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (18/8).

PSM Ahda Gitana berlatih sejak 30 Juni dan mengumpulkan video rekaman 1 Agustus. Mereka melanutnkan lagu folklore berjudul “Paris Barantai” dari Kalimantan Selatan karya H Anang Ardiansyah yang diaransemen oleh Ken Steven.

“Ini lagu yang sulit, dan menjadi pengalaman pertama mengikuti virtual competition tetapi anak-anak sangat bersemangat. Alhamdulillah hasilnya membanggakan,” ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UAD Gatot Sugiharto mengaku bangga dengan pencapaian mahasiswanya meski di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Pencapaian ini melanjutkan tradisi juara UAD dalam berbagai kompetisi bergengsi di level nasional maupun internasional,” ungkapnya.