Mengabdi di Masa Pandemi dalam Dahlan Muda Mengabdi #3

Yogyakarta, FAI TERKINI – Dahlan Muda Mengabdi merupakan program yang dilaksanakan oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan Kegiatan Dahlan Muda Mengabdi yang pertama diadakan secara online, yang kedua dilaksanakan dengan menanam 1000 pohon, dan yang ketiga pengabdian dengan membawa misi pendidikan. Kegiatan Dahlan Muda Mengabdi #3 mengajar pendidikan kebangsaan, kesehatan dan motivasi di Taman Kanak-kanak (TK) ‘Aisyiyah, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah. Kegiatan mengaji, asmaul husna dan kerajinan di Taman Pendidikan Alquran (TPA) Kampung Langgar Masjid dan Mushola Kampung Lapangan serta memberikan ilmu pelatihan Hidup Bersih Sehat dan Penanaman Literasi juga kegiatan lomba Learning in The Field dan lomba Festival Anak Sholeh.

Universitas Ahmad Dahlan memilih 10 Mahasiswa terbaik untuk menjalankan kegiatan Dahlan Muda Mengabdi #3 terdiri dari fakultas FAI, FKIP, FEB, dan FK. Alhamdulillah Nandang Suhendang dari Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam yang terpilih sebagai mahasiswa yang melaksanakan pengabdian. “Alhamdulillah, saya senang dan bersyukur bisa terpilih langsung untuk mengikuti DAHLAN MUDA MENGABDI #3. Saya berterima kasih yang telah mendukung dan memberikan arahan kepada saya baik dari Dosen, Dekanat, teman teman, dan orangtua. Tentu kesempatan ini saya manfaatkan dan juga memaksimalkan untuk bisa mengabdikan diri saya kepada masyarakat agar ilmu selama kuliah bisa memberikan manfaat yang baik, selama pengabdian saya mensosialisasikan Fakultas Agama Islam kepada masyarakat dan Madrasah Aliyah (MA) serta membawa nama baik FAI kepada masyarakat” begitu kesan yang disampaikan oleh Saudara Nandang Suhendang ketika acara pelepasan. 

Kegiatan Dahlan Muda Mengabdi #3 pada tanggal 20 Februari-8 Maret 2021. Di daerah 3T Desa Kondangjaya, Kecamatan Cisata, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Dahlan Muda Mengabdi #3 melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan di daerah 3T untuk memberikan ilmu pengetahuan, Agama dan motivasi untuk para siswa maupun tenaga pendidik. Pengabdian masyarakat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mendapatkan dan memberikan ilmu dimasyarakat terutama dalam pendidikan di daerah 3T sehingga ilmu yang didapatkan selama kuliah dapat bermanfaat dan mengamalkan ilmunya untuk masyarakat. “Terima kasih adik adik mahasiswa dan juga mahasiswa berprestasi di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang sudah ikhlas menyiapkan segala persiapan sampai saat ini, semoga ilmu yang didapatkan di masyarakat dapat bermanfaat serta membawa nama baik UAD. Setelah selesai mengabdikan diri kepada masyarakat harapannya adik adik mahasiswa memiliki kemampuan yang baik dalam bermasyarakat, sehat selalu dan pulang kembali dalam keadaan sehat dan membawa hasil positif” kata Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H. (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni). Ketika pelepasan di hall kampus utama UAD, Sabtu (20/2/2021)

Kegiatan ini merupakan kegiatan pemberdayaan pemuda-pemudi Indonesia serta penguatan konektivitas di desa-desa terpencil dan wilayah pelosok. Kegiatan ini adalah suatu bentuk serta penguatan konektivitas di desa-desa terpencil dan wilayah pelosok. Kegiatan ini adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman empiris kepada pemuda-pemudi Indonesia untuk hidup di tengah-tengah masyarakat, dan secara langsung mengajarkan kepada pemuda cara identifikasi masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.