Penandatanganan MoA: FAI UAD dengan KUIS Malaysia

Yogyakarta, FAI TERKINI – Kamis, 10 Maret 2022 telah dilaksanakan penandatangan MoA antara Fakultas Agama Islam UAD dengan Kolej Universiti Islam Antarbangsa Selangor (KUIS) Malaysia dalam rangka pengembangan mutu akademik dari kedua belah pihak baik dalam kegiatan riset ilmiah maupun peningkatan kualtas sumber daya para tenaga pendidik. Penandatangan yang dilakukan secara virtual melalui zoom di Smart Room UAD Kampus 1 ini diikuti seluruh jajaran rektorat dari KUIS Malaysia diantaranya yaitu Prof. Madya Dato’ Dr. Mohd Farid Ravi Bin Abdullah selaku Rektor, dari pihak Rektorat UAD yaitu Muchlas M.T. selaku Rektor dan Rusydi Umar S.T., M.T., Ph.D selaku Wakil Rektor bidang akademik, Kabid Kerja Sama Dalam Negeri. Sedangkan dari Fakultas Agama Islam UAD dihadiri oleh Dr. Nur Kholis, M.Ag selaku Dekan, Dr. Arif Rahman, M.Pd.I selaku Wakil Dekan, Para Ketua Program Studi, Humas, serta lima orang dosen FAI UAD yang sedang menjalankan pendidikan di KUIS Malaysia.

Kerjasama tersebut meliputi ruang lingkup (1) Program Pendidikan melalui Program Merdeka Belajar, (2) Program Pengembangan Penelitian (3) Program pertukaran mahasiswa, (4) Program Pemberdayaan Masyarakat, (5) kegiatan Kerjasama lain yang akan disepakati bersama oleh para pihak. Sebelum penandatangan berlangsung, pihak KUIS Malaysia yang diwakili oleh Prof. Madya Dato’ Dr. Mohd Farid Ravi Bin Abdullah selaku Rektor, menyampaikan bahwa KUIS Malaysia dan Universitas Ahmad Dahlan seperti kakak beradik, karena KUIS Malaysia berdiri tepat satu tahun setelah UAD. 

Rektor UAD Dr. Muchlas M.T menyampaikan juga sambutannya dalam agenda tersebut, beliau mengatakan bahwa kerja sama ini memang diperlukan juga oleh pihak UAD, terutama Fakultas Agama Islam, karena secara kultur akademik sangat mirip dengan KUIS Malaysia. Bukan hanya kesamaan dalam waktu pendirian, tetapi juga secara keilmuan baik program studi didalamnya maupun kegiatan penelitian dan pengabdiannya juga memiliki kemiripan. Sehingga dalam sambutannya Prof. Madya Dato’ Dr. Mohd Farid Ravi Bin Abdullah menyampaikan, bahwa penandatanganan MoA ini adalah hal yang sudah ditunggu-tunggu sejak lama dan sangat senang akhirnya dapat terlaksana walau tidak dapat bertatap muka secara langsung. 

Muchlas menegaskan bahwa walaupun UAD berdiri lebih dahulu, bukan berarti lebih berpengalaman, sehingga dengan adanya MoA ini diharapkan kedua belah pihak dapat saling belajar dan sama-sama meningkatkan mutu akademiknya. Beliau juga menyampaikan bahwa kerja sama antara UAD dengan KUIS Malaysia bukan hal yang baru, sudah sejak lama kerja sama ini dijalin, salah satunya yaitu dengan mengirimkan beberapa dosen dari FAI UAD untuk melanjutkan studinya di KUIS Malaysia.Pada akhir acara dilakukan penandatanganan MoA secara virtual dan hasil penandatanganan ditunjukkan melalui media zoom, serta dilakukan pula sesi tanya jawab antara pihak UAD dengan KUIS Malaysia. Acara yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut berjalan dengan lancar dan khidmad.