Perkuat Daerah, Prodi BSA Kerja Sama dengan Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunung Kidul

Yogyakarta, FAI TERKINI – Kamis, 3 Februari 2022 Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Universitas Ahmad Dahlan yang diwakili oleh 7 orang dosen dan 2 staf Fakultas Agama Islam melakukan kunjungan ke Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta yang bertempat di komplek Taman Budaya Kabupaten Gunung Kidul. Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi dan kerjasama antara Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Universitas Ahmad Dahlan dengan Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunung Kidul.

Setibanya di lokasi, rombongan Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Universitas Ahmad Dahlan disambut langsung oleh Kepada Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunung Kidul, Direktur Taman Budaya Kabupaten Gunung Kidul, dan beberapa staf. Dalam sambutan hangatnya, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunung Kidul, Agus Mantara, S.IP., M.M. menyampaikan rasa gembiranya atas kunjungan yang dilakukan. Ia juga menyampaikan bahwasanya saat ini membutuhkan kerjasama dan bantuan khususnya dari para akademisi di bidang ilmu Bahasa dan Sastra Arab dalam kajian-kajian yang berkaitan dengan sejarah Islam di Kabupaten Gunung Kidul, terutama yang berkaitan dengan naskah-naskah dan teks yang tertulis dalam bahasa Arab. Peluang kerjasama tersebut kemudian disambut baik oleh Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Universitas Ahmad Dahlan.

Beberapa hal turut dibahas dalam kunjungan ini, salah satunya adalah rencana pengiriman mahasiswa magang dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Universitas Ahmad Dahlan ke Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunung Kidul. Penerjunan mahasiswa magang di Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunung Kidul ini diiharapkan dapat melatih dan memberikan gambaran lebih terkait dengan hal-hal yang tidak mereka dapatkan di ruang perkuliahan kepada mahasiswa. Kunjungan diakhiri dengan penyerahan cenderamata, bincang santai, dan foto bersama.