SIAP-SIAP ORMAWA FAI UAD TAHUN 2023 MELAKSANAKAN KEGIATAN RUTIN BERSKALA NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan mengikuti Rapat Kerja yang dilaksanakan oleh BIMAWA UAD pada Selasa, 24/01/2023. Dalam kesempatan tersebut, FAI UAD di hadiri oleh Wakil Dekan I Bapak Dr. Arif Rahman, S.Pd.I., M.Pd.I yang membidangi Kemahasiswaan. Raker ini sendiri salah satu pembahasannya mengenai peningkatan keikutsertaan dan pelaksanaan kegiatan mahasiswa berskala nasional dan internasional. Kepala bidang Pembinaan Ormawa dan prestasi Mahasiswa BIMAWA bapak Danang menjelaskan bahwa Ormawa, Ortom dan komunitas mahasiswa diharapkan dapat didorong melaksanakan kegiatan yang tidak lagi bersifat lokal. Mahasiswa harus sudah berani terlibat dan berkontribusi dengan berbagai elemen mitra yang lebih luas. Juga diharapkan kegiatan-kegiatan baik yang dilaksanakan maupun yang diikuti tersebut terdapat unsur penghargaan dan kompetisi. Misalnya Ormawa akan melaksanakan kegiatan seminar nasional, maka diharapkan bisa disematkan ada semacam penghargaan bagi pembicara dan makalah terbaik dari mahasiswa. Selain itu, modalitas universitas sejauh ini memiliki 3.000 mahasiswa yang tergabung dalam fungsionaris Organisasi Kemahasiswaan. Jumlah ini menjadi potensi kita menggerakkan mahasiswa terbiasa berkegiatan dan berkompetisi tingkat nasional dan internasional.

Ormawa di Fakultas Agama Islam UAD sendiri sejauh ini telah melaksanakan berbagai kegiatan berskala lokal dan nasional. Meski beberapa kali muncul kekhawatiran dari Ormawa sendiri terutama keterbatasan SDM dan pengalaman mereka dalam melaksanakan kegiatan yang lebih luas. Namun kendala tersebut tidaklah menjadi masalah serius, karena pembinaan dan pendampingan mahasiswa di tingkat fakultas dilakukan secara berkala dan intensif, sehingga ada banyak peluang mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan dalam pengembangan diri.

Dalam pertemuan tersebut juga BIMAWA mendengar berbagai pendapat masukan terkait pola pembinaan kemahasiswaan. Karena sejauh ini berbagai pola pembinaan sudah banyak dilakukan oleh BIMAWA, namun barangkali beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan bisa diperkuat melalui forum raker tersebut. (Arif)

Leave a Reply

Your email address will not be published.